Pendaftaran

Pendaftaran

Tahap 1: Seleksi administrasi

Calon mahasiswa melihat di website Universitas Airlangga (www.ppmb.unair.ac.id) mengenai persyaratan dan jadwal pendaftaran.

A. Persyaratan Umum (berlaku untuk seluruh mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga)

  1. Dokter Warga Negara Indonesia lulusan Program Studi Pendidikan Dokter/Fakultas Kedokteran (bagi lulusan tahun 2004 dan sesudahnya) yang terakreditasi A/B oleh BAN-PT dan dari Perguruan Tinggi /Institusi (khusus bagi lulusan tahun 2015) PTN/PTS di Indonesia yang terakreditasi BAN-PT. Khusus untuk Dokter Warga Negara Asing harus memiliki Surat Ijin/Persetujuan dari Kementerian, telah memenuhi ketentuan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) dan telah memenuhi ketentuan imigrasi Indonesia serta mampu berbahasa Indonesia yang dibuktikan dengan adanya Sertifikat Kemampuan Berbahasa Indonesia dari Pusat Bahasa UNAIR.
  2. Tidak memiliki cacat tubuh atau ketunaan yang dapat mengganggu kelancaran studi, sebagaimana persyaratan khusus pada program studi yang dipilih, dengan bukti berupa Surat Keterangan dari Lembaga/Rumah Sakit Pemerintah berwenang dan masih berlaku.
  3. Memiliki fungsi penglihatan, dan fungsi pendengaran yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran.
  4. Fotokopi Kartu Tanda Pendudukan (KTP), yang masih berlaku.
  5. Fotokopi Ijazah Pendidikan Sarjana Kedokteran dan Fotokopi Transkrip Akademik Pendidikan Sarjana Kedokteran, yang telah dilegalisir oleh Dekan Fakultas Kedokteran asal (tidak menerima konversi Indeks Prestasi Kumulatif).
  6. Fotokopi Ijazah Pendidikan Profesi Dokter dan Fotokopi Transkrip Akademik Pendidikan Profesi Dokter, yang telah dilegalisir oleh Dekan Fakultas Kedokteran asal (tidak menerima konversi Indeks Prestasi Kumulatif).
  7. Telah lulus dokter minimal 1 (satu) tahun terhitung sejak dinyatakan lulus Ujian Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI) dengan menyertakan fotokopi tanda bukti kelulusan UKDI dan Surat Keterangan telah bekerja di Instansi Pelayanan Kesehatan (Rumah Sakit Pemerintah/Swasta dan atau Puskesmas/Klinik) selama 1 (satu) tahun sejak diterbitkannya Surat Ijin Praktek (SIP) Dokter.
  8. Bagi Calon Peserta PPDS, Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Dokter yang menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) harap melampirkan Surat Tanda Selesai Internship (STSI) yang diterbitkan oleh Komite Internship Dokter Indonesia (KIDI) Provinsi dan Surat Keterangan telah bekerja/melaksanakan Program Internship di Instansi Pelayanan Kesehatan (Rumah Sakit Pemerintah/Swasta dan atau Puskesmas/Klinik) selama 1 (satu) tahun sejak diterbitkannya Surat Ijin Praktek (SIP) Dokter.
  9. Bagi Calon Peserta PPDS yang telah melaksanakan PTT, wajib memiliki Fotokopi Surat Keputusan Pengangkatan dan Penempatan PTT serta Surat Keterangan Selesai Masa Bakti dari Kementerian Kesehatan.
  10. Bagi Calon Peserta PPDS yang berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), wajib melampirkan fotokopi Surat Keputusan Pengangkatan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Surat Keputusan Pengangkatan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan bagi Calon Peserta PPDS yang berstatus sebagai Anggota TNI/POLRI, wajib melampirkan fotokopi Surat Perintah (Sprin) Pertama dan Surat Perintah (Sprin) terakhir.
  11. Memiliki Surat Persetujuan untuk mengikuti Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) dari atasan (bagi yang sedang bekerja).
  12. Memiliki Surat Rekomendasi dari Pengurus Daerah – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) setempat yang menyatakan tidak pernah melakukan malpraktek atau melakukan pelanggaran Kode Etik Kedokteran Indonesia.
  13. Memiliki Surat Rekomendasi dari Pengurus Daerah – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk pindah ke IDI Surabaya apabila sudah diterima sebagai mahasiswa PPDS.
  14. Memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) Dokter dari Konsil Kedokteran Indonesia yang masih berlaku (minimal 6 bulan sebelum habis masa berlakunya).
  15. Memiliki Surat Ijin Praktek (SIP) Dokter dari instansi yang berwenang (Kanwil Kemenkes Propinsi – Kota/Kabupaten) yang masih berlaku (minimal 6 bulan sebelum habis masa berlakunya).
  16. Membuat Surat Pernyataan bersedia mematuhi semua peraturan yang berlaku di RSUD Dr. Soetomo, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dan Program Studi masing-masing.
  17. Membuat Surat Pernyataan bahwa selama menempuh Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) maupun setelah dinyatakan lulus sebagai dokter spesialis, bersedia ditugaskan di seluruh wilayah Indonesia, yang diketahui dan disetujui oleh orang tua/suami/istri.
  18. Memiliki Surat Persetujuan untuk mengikuti Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) di Fakultas Kedokteran UNAIR dari Orang tua/Suami/Isteri.
  19. Calon Peserta PPDS yang akan memperoleh Tugas Belajar dari Kementerian Kesehatan/ TNI/POLRI/Instansi Swasta, wajib memiliki Surat Keterangan bahwa Biaya Pendidikan (SOP & SP3) ditanggung Kementerian Kesehatan/TNI/POLRI /Instansi Swasta, yang menugaskan.
  20. Memiliki surat persetujuan/rekomendasi/penugasan dari instansi induk, sebagai berikut:
    1. Bagi calon peserta dari Kementerian Kesehatan dilampirkan surat persetujuan dari Dinas Kesehatan Propinsi setempat.
    2. Bagi calon peserta PPDS dari TNI/POLRI yang memperoleh Tugas Belajar dari Kementerian Pertahanan dengan melampirkan Surat Persetujuan dari Mabes TNI/Kepala Kepolisian Republik Indonesia (POLRI).
    3. Bagi calon peserta dari ex PTT akan diatur lebih lanjut sesuai dengan petunjuk pelaksanaan yang ada.
  21. Memiliki Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)/ Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB) dari Kepolisian Resort Kota (Polresta) atau yang setingkat. Bagi Calon Peserta PPDS yang berasal dari TNI/POLRI, wajib memiliki Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB) dari kesatuan masing-masing yang telah dilegalisasi.
  22. Menyerahkan Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae.
  23. Memiliki Surat Keterangan Bebas Penggunaan NAPZA (Narkotik, Psikotropik dan Zat Additif lainnya) dari RSUD Dr. Soetomo atau Rumah Sakit Pemerintah lainnya, yang dibuat minimal 3 (tiga) bulan terakhir serta menyerahkan Hasil Pemeriksaan Laboratorium meliputi urine lengkap, darah lengkap, SGOT, SGPT, HBSAg, Serum Kreatinin, Ureum dan Foto Thorax (Foto dan Surat Hasil Interpretasi Foto Thorax).
  24. Memiliki Surat Pernyataan Tidak Aktif sebagai Anggota Partai Politik, baik pada saat mendaftar maupun selama mengikuti Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS).

 

 B. Persyaratan khusus (Untuk Program Studi Ilmu urologi)

  1. Berusia tidak lebih dari 35 tahun pada saat mulai Program Pendidikan Dokter Spesialis – PPDS (1 Januari untuk pendaftaran Semester Genap dan 1 Juli untuk pendaftaran Semester Gasal).
  2. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Program Pendidikan Akademik Sarjana Kedokteran >2,50.
  3. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Program Pendidikan Profesi Dokter >3,00.
  4. Memiliki sertifikat ELPT dengan nilai > 450 dari Pusat Bahasa Universitas Airlangga atau sertifikat TOEFL dengan nilai >450 dari lembaga yang diakui.
  5. Bersedia tidak praktek umum sebagai dokter selama pendidikan urologi.
  6. Memiliki sertifikat ATLS.

 

Tahap 2: Test TPA dan Psikotest (MMPI) di universitas

Bila menyetujui persyaratan tersebut calon mahasiswa melakukan pembayaran melalui transfer untuk mendapatkan nomer voucher pembelian formulir pendaftaran secara online, form diprint diisi untuk memenuhi kelengkapan berkas pada saat verifikasi berkas sesuai jadwal yang ditentukan. Bagi mahasiswa yang lulus verifikasi mendapatkan kartu ujian beserta jadwal kegiatan pelaksanaan ujian. Mengikuti ujian TPA dan psikotest di UNAIR .

 

Tahap 3: Test tulis, wawancara di prodi urologi

Setelah ujian dari universitas kemudian calon mahasiswa mengikuti ujian pada prodi masing-masing yang dituju, baik ujian tulis maupun wawancara. Setelah itu calon mahasiswa menunggu hasil pengumuman sesuai jadwal pada website UNAIR.

 

Berikut link untuk informasi pendaftaran program pendidikan dokter spesialis baru prodi urologi:

http://ppmb.unair.ac.id/web/site/ppds