Hasil Akreditasi LAM-PTKes Program Studi Urologi FK Unair

image

Tim Asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) Indonesia telah melakukan visitasi terhadap Program Studi Urologi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya. Dalam kegiatan visitasi tersebut, terdapat dua tim Asesor LAM-PTKes yang hadir yaitu :

  1. dr. Irfan Wahyudi, Sp.U(K)
  2. dr. Bambang Sasongko Noegroho, Sp.B, Sp.U(K).

Proses Akreditasi Program Studi Urologi Fakultas Kedoktersn Universitas Airlangga berlangsung selama 3 hari, Mulai 25-27 Maret 2018. Dengan rangkaian kegiatan sebagai berikut :

  1. Hari pertama, Asessor datang ke Surabaya
  2. Hari kedua, Sambutan oleh dekanat, pemaparan profil program studi, wawancara dengan dekanat, perwakilan alumni, RS jejaring, dosen, mahasiswa dan juga tenaga pendidikan. Dilanjutkan dengan telusur dokumen pendukung akreditasi program studi urologi
  3. Hari ketiga, Pembacaan dan diskusi hasil asesmen lapangan oleh asesor, yang dilanjutkan penandatanganan berita acara dan rekomendasi oleh asesor kepada dekanat dan Koordinator Program Studi (KPS).

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga memaparkan bahwa prodi Urologi sudah berdiri cukup lama dan merupakan salah satu pelopor Program Studi Urologi di Indonesia. Program studi Urologi juga telah menjalani beberapa proses akreditasi, antara lain Akreditasi dari Societe Internationale d’Urologie, Akreditasi Kolegium Urologi Indonesia, Audit Internal AIMS Fakultas Kedioteran Universitas Airlangga, serta Uji coba Akreditasi LAM-PTKes dengan hasil yang sangat baik.

Kedua asesor yang hadir dalam kegiatan visitasi tersebut memberikan apresiasi yang sangat baik terhadap kesiapan program studi urologi mulai dari  penyusunan borang, sampai dengan proses asesmen lapangan.

Setelah dilakukan penilaian oleh kedua asesor kemudian dilakukan dilakukan proses velidasi oleh LAM-PTKes selama kurang lebih 1 bulan. Setelah proses validasi selesai, pada akhirnya Program Studi Urologi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga mendapatkan hasil A, dengan No SK 0206/LAM-PTKes/Akr/Spe/IV/2018, yang berlaku hingga 13 April 2023.

Hasil akreditasi tersebut semoga dapat menjadi motivasi bagi program studi Urologi FK Unair untuk menyelenggarakan proses pedidikan urologi menjadi lebih baik kedepannya, dan dapat mempertahankan hasil akreditasi yang telah dicapai. [AON/FTR/ZOR]


 

 

 

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *